Tentang Kami


Sambutan Direktur


vfdsdvvdsdvsdvsdvsdPuji Syukur kehadirat Allah SWT, buku Pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru PEM Akamigas Tahun Akademik 2020/2021 ini diterbitkan. Buku ini merupakan penjabaran teknis Peraturan Akademik PEM Akamigas Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Terapan (S.Tr)/Diploma 4. Peranan buku panduan ini adalah sebagai tuntutan teknis bagi pendaftar Calon Mahasiswa Baru PEM Akamigas.

Proses seleksi calon mahasiswa baru PEM Akamigas terbagi menjadi jalur swadaya/umum, jalur kerja sama Industri (Badan Usaha/Bentuk Usaha Tetap), dan jalur kerja sama Instansi Pemerintah (Kota/Kabpaten/Provinsi). Tahapan yang dilalui para calon mahasiswa baru PEM Akamigas adalah berdasarkan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) khusus bagi pendaftar jalur swadaya/umum, sedangkan untuk jalur lainnya melalui seleksi tulis dan wawancara di lingkungan penyandang dana.

Para pendaftar seleksi calon mahasiswa baru PEM Akamigas diingatkan agar mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan dalam Panduan Penerimaan Mahasiswa Baru PEM Akamigas.Proses seleksi tidak mengenal sistem perantara/calo dan akan menindak tegas praktik tidak jujur dan tindakan curang.Bagi calon mahasiswa yang melanggar prosedur akan dinyatakan batal demi hukum sebagai calon mahasiswa.

Selamat mengikuti Seleksi Calon Mahasiswa Baru PEM Akamigas. Salam hangat dan berharap selamat bergabung di PEM Akamigas. PEM Akamigas akan mengantarkan mahasiswanya menjadi energi terbaik untuk negeri dengan bekal ilmu yang bermanfaat dan akhlak yang mulia. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua.

Cepu, 14 Februari 2020


Tentang PEM Akamigas

PEM Akamigas adalah Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang bertugas menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang energi dan sumber daya mineral.

Politeknik Energi dan Mineral Akamugas (PEM Akamigas), didirikan dalam rangka pengembangan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia di sub sektor minyak dan gas bumi guna merespon kebutuhan tenaga kerja terampil di tingkat nasional maupun internasional. Pengelolaan yang lebih efektif dan efisien menjadi hal yang mutlak dilakukan menyikapi perubahan dan tantangan yang dihadapi PEM Akamigas. Kepuasan para stakeholder khususnya pengguna lulusan PEM Akamigas merupakan fokus utama yang harus dijaga melalui pembelajaran yang berkualitas.

Sepanjang sejarahnya, PEM Akamigas telah meluluskan ribuan tenaga kerja indonesia yang profesional dan kompeten di bidang minyak dan gas bumi yang tersebar baik di dalam maupun luar negeri. Tingginya minat siswa-siswi SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan di PEM Akamigas ini, mengindikasikan bahwa PEM Akamigas mendapat apresiasi dan kepercayaan dari masyarakat.


VISI:

"Menjadi Politeknik Energi dan Mineral Terbaik di Indonesia serta Berstandar Internasional"


MISI:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi dengan kurikulum, metode pembelajaran, sarana dan prasarana, serta Dosen berstandar internasional.

  2. Berperan aktif dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang energi dan sumber daya mineral yang berwawasan lingkungan.

  3. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

  4. Menyiapkan sumber daya manusia yang siap kerja, terampil, profesional dan bermartabat serta mampu bersaing di pasar global di bidang energi dan sumber daya mineral.